Dalam
banyak hal, menentukan prioritas itu sangat penting. Anda
masih ingat poin pertama dalam 14 Kesalahan Bisnis Internet dan Bagaimana Cara
Mendobraknya! Tepat! Di sana saya tulis kesalahan
fatal pertama adalah terlalu banyak belajar.
Tidak heran sebetulnya kalau terutama pemula di bisnis
internet merasa perlu banyak belajar. Mengingat ilmu yang dimiliki dirasa masih
sangat terbatas. Sehingga informasi apapun seputar internet marketing ingin
dilalap habis.
Apalagi di dunia internet, informasi yang tersedia
sangat berlimpah ruah. Mau cari apapun ada. Tapi ya kalau anda tidak mampu
mengatur arus informasi tersebut, bisa-bisa anda terseret dan malah tenggelam
dalam lautan informasi. Akibatnya, anda hanya sibuk mengumpulkan informasi dan
jarang melakukan action!
Mungkin anda berpikir, informasi yang anda kumpulkan
itu bisa dipelajari kemudian. Tapi, yang saya amati pula, kalau seseorang sudah
ketagihan mengumpulkan informasi biasanya jarang menerapkan isi dari informasi
tersebut. Kalaupun mungkin kemudian diterapkan, tapi biasanya baru dilakukan
berbulan-bulan berikutnya.
Dari segi bisnis, anda rugi. Karena anda kehilangan
banyak waktu untuk menerapkannya. Misal anda mendapat informasi tentang cara menjemput pengunjung menggunakan search engine dan
baru dipraktekkan lima bulan berikutnya yang kemudian berdampak pada
peningkatan traffic blog/situs web anda. Coba kalau anda terapkan sehari
setelah anda mendapat informasi tersebut. Tentu anda tak harus menunggu lima
bulan kemudian untuk memetik hasilnya kan?
Saya berprinsip, semakin cepat sesuatu dilakukan akan
semakin baik. Tapi bagaimana kalau anda mengalami “kebanjiran” informasi
seperti saya sebutkan di atas?
Yang anda butuhkan adalah pengaturan informasi yang
diperoleh. Untuk melakukannya, anda perlu melakukan prioritas informasi.
Artinya, anda harus punya daftar informasi yang dibutuhkan berdasarkan
kepentingan bisnis anda.
Lalu, bagaimana caranya menentukan
prioritas informasi? Just two answers….
Pertama, anda harus peka informasi. Artinya,
anda harus tahu informasi apa saja yang anda butuhkan. Lalu fokuslah pada hal
yang anda butuhkan itu saja. Kalau anda mau menulis posting untuk blog
misalnya, mungkin biasanya anda terlebih dahulu mencari materinya lewat search
engine.
Nah, kalau anda tidak memfokuskan kepada apa yang
ingin anda ketahui, anda mungkin terlalu asyik mengumpulkan berbagai informasi
yang mungkin tak relevan. Akibatnya, anda kebanjiran informasi dan data yang
kerap membuat bingung itu. Sampai-sampai kita terlena dan menganggap semua info
yang kita dapat itu penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar