Senin, 16 Desember 2013

MENGAPA ANALISA FINGERPRINT PENTING?


ERA GLOBALISASI memberikan peluang persaingan di segala bidang terutama kompetensi tenaga kerja yang semakin kompetitif. Pasar bebas yang dimulai tahun 2010 menuntut kita agar mampu bersaing dengan anak-anak negara tetangga atau belahan dunia lainnya untuk mendapatkan pekerjaan. Para orang tua dari negara-negara lain berlomba untuk mempersiapkan dan membimbing masa depan anaknya sedini mungkin. Kondisi ini tentunya mempengaruhi kesiapan orang tua dalam menyiapkan masa depan anak-anak di rumah sedini mungkin agar mereka bisa menjadi anak-anak yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya masing–masing.
Performa seseorang atas penguasaan sesuatu hal  menjadi penting untuk dibahas dalam konteks pembentukan SDM yang baik. Prestasi yang tinggi bisa lebih mudah dicapai bila berpijak  pada potensi yang tinggi pula. Potensi adalah kondisi terawal yang dimiliki oleh seseorang. Kondisi terawal terbaik yang dimiliki seseorang adalah bakat. Bakat sebagai potensi inherent sangatlah baik untuk dijadikan dasar dan pijakan dalam rangka pencapaian prestasi. Permasalahannya, seringkali kita tidak menyadari potensi genetik dalam diri anak. Sehingga membuat orang tua banyak mencoba-coba (trial and error) dalam merencanakan masa depan anak.
Kini ada satu alternatif yang cukup menjanjikan untuk mengetahui potensi seseorang khususnya yang bersifat genetic (bawaan sejak lahir) yakni dengan pengukuran biometric menggunakan scan sidik jari. Faktor genetic atau hereditas memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap potensi dan kecenderungan yang terjadi pada anak berdasarkan stimulasi lingkungannya. Bakat, kecerdasan, karakter, dan potensi lainnya bersifat genetic yang berkembang apabila mendapatkan stimulasi yang tepat. Stimulasi yang kurang tepat bisa mengakibatkan masalah yang serius pada perkembangan jiwa anak. Tujuan utamanya adalah untuk menemukan potensi yang tersembunyi pada anak, membantu anak untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimilikinya dan membimbingnya untuk mencapai sukses melalui potensi terbaik yang dimilikinya.

MENGAPA HARUS DENGAN SIDIK JARI? Sidik jari adalah
bagian tubuh yang bersifat permanen, tidak pernah berubah sepanjang hayat dari kecil hingga dewasa, tidak pernah sama setiap orang, disamping sebagai identifikasi, juga menggambarkan krakteristik yang spesifik di setiap orang. Pertumbuhan sidik jari mulai muncul pada bayi yang masih dalam kandungan (embrio) 13 minggu dan perkembangannya seiring dengan pertumbuhan otak.

 Sistem analisa sidik jari ini menggunakan metode ilmiah yang didasari oleh berbagai disiplin ilmu yang melibatkan Science & Research of Dermatoglyphics (Ilmu untuk mengetahui garis-garis pada permukaan kulit, jari-jari, telapak tangan dan hingga kaki), ilmu kedokteran dan anatomi tubuh (khususnya bagian otak), ilmu psikologi modern dan teknologi komputer biometric. Sehingga, hasilnya dapat dijadikan sebagai referensi bagi orang tua, institusi pendidikan dalam hal pemilihan penjurusan dan penentuan jenjang karir untuk masa depan yang cerah.


 HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN ILMU DERMATOGLYPHICS (NEUROSCIENCE) DAN PSIKOLOGI

Pada awalnya pendekatan ilmu dermatoglyphics, neuroscience dan psikologi ini bermula dari adanya riset mengenai pola pembentukan sidik jari tangan dan kaki (dermatoglyphics) di mana pola sidik jari menyatakan adanya hubungan dengan perilaku tertentu (psikologi). Hubungan perilaku ini kemudian memunculkan adanya kelainan-kelainan genetis yang disebabkan oleh hubungan sistem syaraf pada pola-pola tertentu sidik jari manusia serta hubungannya dengan pertumbuhan sel syaraf (neuroscience) dan hubungan pola-pola sidik jari pada tiap bagian dengan fungsi bagian otak.

MANFAAT FINGERPRINT UNTUK ANAK
1.  Mengidentifikasi karakteristik dan gaya belajarnya.
2.  Mengidentifikasi talenta (dan kelemahan) bawaannya.
3.  Merancang model pembelajaran khusus untuknya.
4.  Mengurangi biaya dan waktu percuma untuk program kursus.
5.  Membangun rasa percaya diri anak.
6.  Meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak.
7.  Memberikan masa kanak-kanak yang bahagia.

MANFAAT FINGERPRINT UNTUK DEWASA & PROFESIONAL
1.   Memberikan referensi untuk analisa potensi diri.
2.  Mengetahui celah kompetensi yang harus dibenahi agar tak membahayakan karir/prestasi.
3.  Mengkapitalkan kelebihan utama & kekuatan karakter untuk mencapai prestasi optimal.
4.   Mengetahui bakat terpendam & dominan sebagai pedoman untuk memilih jurusan, profesi, dan cita-cita sesuai dengan potensi yang dimiliki.


MANFAAT FINGERPRINT UNTUK SEKOLAH
1.  Mengetahui gaya belajar siswa.
2.  Mengetahui karakteristik dan kepribadian siswa.
3.  Memandu, mengembangkan, dan mengarahkan bakat yang dimiliki anak didik.
4.  Menambah nilai kredibilitas sekolah.

KERUGIAN JIKA TIDAK MENGETAHUI BAKAT SEJA
K DINI
Apa RUGINYA bila tidak TAKE ACTION sekarang?
1. Butuh waktu lebih lama untuk raih sukses.
2. Investasi biaya, waktu dan energi lebih banyak, tidak terarah secara efektif.
3. Susah menemukan kebahagiaan dari apa-apa yang dilakukan.
4. Kalah tertinggal dari pesaing.
5. Harga bisa berubah lebih mahal dari sekarang.


KELEBIHAN FINGERPRINT ANALYSIS
1. Akurasi tinggi dibandingkan dengan sistem pengukuran lainnya yang masih mengandung unsur subyektifitas.
2. Bersifat permanen: tes ini hanya perlu dilakukan sekali seumur hidup, berbeda dengan metode lain yang perlu dilakukan berulang kali.
3. Prosesnya simpel, praktis, efisien, dan aplikatif.
4. Bisa diaplikasikan untuk segala usia, segala kondisi dengan waktu yang relatif singkat.
     HASIL AKHIR DAN LAPORAN ANALISA SIDIK JARI

Analisa Sidik Jari yang dikembangkan oleh
Fingerpsychobiometric labs, lebih ditekankan pada hubungan struktur sidik jari seseorang dengan kaitannya pada prinsip kerja sistem syaraf pada otak dan distribusi kerja syaraf otaknya, sehingga dapat diketahui potensi seseorang secara genetic, yang kaitannya dengan:
·       Personal Drive
·       Basic Needs & Motivation
·       Character Traits
·       Talent & Potential Skills


Selanjutnya akan dibahas lebih lanjut pada poin produk-produk hasil tes fingerprint.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar